SD di Kabupaten Tasik Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka, Ini Syaratnya

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 15:06 WIB
Uji coba PTM di SDN 1 Cintaraja Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. (Irpan Wahab Muslim)
Uji coba PTM di SDN 1 Cintaraja Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. (Irpan Wahab Muslim)

SD di Kabupaten Tasik Ujicoba Pembelajaran Tatap Muka, Ini Syaratnya
Inbox
Muhammad Arfan Bhagaskara
    
Attachments11:53 AM (3 hours ago)
    
SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Meskipun pemerintah pusat memperpanjang PPKM Darurat hingga 9 Agustus mendatang. Namun sejumlah Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Tasikmalaya mulai menguji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah. Tetapi, penerapan PTM ini masih terbatas dan dilakukan secara bergelirian sesuai dengan nomor urut absensi siswa.

Salah satu sekolah yang mulai menguji coba PTM yakni SDN 1 Cintaraja Kecamatan Singaparna pada, Selasa, 3 Agustus 2021. PTM ini, dberlakukan sesuai nomor urut absensi siswa dan dilakukan bergeliran setiap hari.

Absensi siswa urut 1 hingga 14, melakukan kegiatan uji coba PTM di sekolah selama dua jam mulai pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB. Sedangkan untuk absensi siswa dari nomor urut 15 hingga 28, dilakukan pembelajaran daring. “Untuk hari berikutnya, itu dibalik. Nomor urut 1 sampai 14 daring dan nomor urut 15 sampai 28 uji coba PTM tatap muka,“ ucap Eti Setiawati salah satu guru. Ditambahkan Eti, uji coba pembelajaran tatap muka ini dimulai pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Dihubungi terpisah, Kordinator Humas Satgas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya Rudi Sonjaya mengatakan, sesuai Permendagri, Kabupaten Tasikmalaya masuk pada PPKM level dua.  Artinya, aktivitas umum dilonggarkan, aktivitas perkantoran 75% hingga sekolah mulai uji coba tatap muka terbatas. “Jadi itu dasarnya kami menguji coba tatap muka di sekolah dasar. Tapi tetap prokes harus diutamakan," ucap Rudi.

Ini Syarat Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka
Dalam ujicoba pembelajaran tatap muka ini, ada beberapa syarat yang harus dipatuhi oleh siswa maupun orang tua. Di antaranya yakni siswa harus memakai masker atau  faceshield, membawa handsanitizer, cuci tangan sebelum dan sesudah masuk kelas dan  membawa minum dan makanan sendiri.

Syarat lainnya, yakni membawa alat tulis sendiri, dan memakai pakaian seragam merah putih maupun batik dan harus bersepatu. Sedangkan untuk orang tua, diharapkan menjemput 5 menit sebelum pukul 10.00 WIB. “Saat menjemput anak tidak boleh berkerumun, dan harus bisa menjaga jarak. Itu syarat yang harus dipenuhi oleh siswa dan orang tua saat uji coba PTM ini," ucap Rudi.

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X