Ibu Hamil Aman Divaksin Covid-19, tetapi Ada Syaratnya

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 14:56 WIB
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Hamdani. (Irpan Wahab Muslim)
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Hamdani. (Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Kementrian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengeluarkan surat edaran nomor HK.02.01/I/2007/2021 tertanggal 2 Agustus yang berisi tentang vaksinasi ibu hamil. Keluarnya surat itu menunjukkan telah terjadi peningkatan kasus ibu hamil terkonfirmasi Covid-19 di sejumlah kota besar di Indonesia.

Wanita hamil memiliki peningkatan risiko menjadi berat apabila terinfeksi Covid-19, khususnya pada wanita hamil dengan kondisi medis tertentu. Dengan mempertimbangkan semakin tingginya jumlah ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 dan tingginya risiko bagi ibu hamil apabila terinfeksi Covid-19 menjadi berat dan berdampak pada kehamilan dan bayinya, diperlukan upaya untuk memberikan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Hamdani mengatakan, ada 168 ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19. Tentunya dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 kepada ibu hamil harus dibarengi dengan vaksinasi. “Ada 168 ibu hamil yang terkonfirmasi covid 19 di Kabupaten Tasik. Dalam upaya meningkatkan herd immunity, tentunya harus diberikan vaksinasi kepada ibu hamil,” ucap Dadan, Rabu (4/8/2021).

Dadan menegaskan, ibu hamil yang hendak divaksin jangan merasa takut. Karena vaksin cukup aman untuk ibu dan janin yang dikandung. Tentunya, vaksinasi itu harus memenuhi syarat-syarat yang sudah ditentukan oleh Kementrian kesehatan. “Vaksinasi untuk ibu hamil ini sangat aman untuk kekebalan ibu hamil dan janin. Dan ada syarat yang harus dipenuhi oleh ibu hamil yang ingin divaksin. Di Kabupaten Tasik, ada sekitar 9.900 lebih sasaran ibu hamil yang akan divaksin,” kata Dadan.

Ini Syarat Vaksinasi Ibu Hamil

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Hamdani menambahkan, meskipun secara medis ibu hamil aman mendapatkan vaksin Covid-19, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi di antaranya,

Suhu tubuh normal atau tidak lebih dari 37,5 derajat Celcius, usia kehamilan lebih dari 13 minggu, tidak memiliki gejala preeclampsia, tidak memiliki riwayat alergi berat, seperti sesak napas, bengkak, gatal-gatal di seluruh badan. “Tidak punya penyakit penyerta, seperti jantung, diabetes, asma, penyakit paru, HIV, penyakit tiroid, penyakit ginjal kronis, dan penyakit hati., “ tambah Dadan.

Syarat lainnya, lanjut Dadan, yakni tidak memiliki penyakit autoimun, tidak sedang mendapat pengobatan untuk gangguang pembekuan darah, kelainan darah, defisiensi imun, dan bukan penerima produk darah atau transfuse, Tidak sedang mengonsumsi obat yang memiliki sifat imunosupresif, seperti kortikosteroid dan kemoterapi. “Jika pernah terkonfirmasi positif Covid-19, sudah lebih dari tiga bulan yang lalu. Dan Jika masih kurang dari 3 bulan, maka vaksin ditunda. Untuk vaksin kedua, tidak memiliki riwayat alergi berat pada pemberian dosis pertama,“ papar Dadan.

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X