Komisi III DPRD Kabupaten Tasik Usulkan Ranperda Perhubungan, Ini Alasannya

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 19:41 WIB
Ranperda tentang Penyelenggaraan Perhubungan juga bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan diatur mulai dari segi perizinan retribusi, pengelolaan terminal. (
Ranperda tentang Penyelenggaraan Perhubungan juga bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan diatur mulai dari segi perizinan retribusi, pengelolaan terminal. (

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Komisi III DPRD Kabupaten Tasikmalaya bersama Dinas Perhubungan, Bagian Hukum Setda saat ini tengah merancang Ranperda Perhubungan. Bahkan, naskah akademik Ranperda tentang Penyelenggaraan Perhubungan sudah dibahas melalui Forum Group Discussion (FGD) di ruang paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Senin 9 Agustus 2021.

Ketua Komisi III DPRD, Aang Budiana mengatakan, Ranperda tentang Penyelenggaraan Perhubungan juga bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dalam Ranperda ini nantinya akan diatur mulai dari segi perizinan retribusi, pengelolaan terminal, dan lain sebagainya.

“Ranperda ini masuk Prolegda DPRD 2021 atas usulan inisiatif Komisi III DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Latar belakangnya adalah azas kebutuhan. Jelas kita membutuhkannya dalam kerangka pembangunan di Kabupaten Tasikmalaya,” ucap Aang, Selasa 10 Agustus 2021.

Ditambahkan Aang, mengusulkan sektor perhubungan perlu ditata dan perlu dibuat payung hukum yang jelas dalam pelayanan, peningkatan, termasuk juga sistem-sistem yang ada di dalamnya.

Namun dalam penyusunannya, lanjut Aang, Ranperda tidak berdiri sendiri, tetapi berkesinambungan dengan peraturan lainnya. Maka untuk mematangkannya perlu menunggu Ranperda lain seperti Ranperda tentang RTRW, RPJMD, dan SOTK selesai.

“Kalau itu sudah sinkron, Ranperda ini juga nanti akan kita sesuaikan. Jangan-jangan ketika kita membuat Ranperda ini bertolak belakang dengan peraturan-peraturan lain yang sekarang DPRD susun,” lanjut Aang.

Menurut Aang, DPRD tidak menetapkan target waktu dalam pembahasan suatu Perda. Meski demikian pihaknya tetap akan melakukannya secepat mungkin.

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X