3 Wisata Curug di Kabupaten Tasik Indah dan Dipenuhi Mitos, Ini Daftarnya

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 19:47 WIB
Curug Dendeng menyimpan keindahan dan mitos yang dipercaya warga. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)
Curug Dendeng menyimpan keindahan dan mitos yang dipercaya warga. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Kabupaten Tasikmalaya diberi kekayaan alam berupa curug yang sangat banyak dengan keindahan dan mitos didalamnya. Dari sederet curug yang ada, terdapat tiga curug yang memiliki keindahan berbeda dari lainnya dan menyimpan mitos yang cukup menggelitik. Berikut Ayotasik.com suguhkan 3 Curug yang mungkin bisa menjadi tujuan wisata akhir pekan atau liburan anda.

Curug Ciparay 

Curug Ciparay berada di Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Curug yang terletak di kaki Gunung Karacak dan Dinding Ari Galunggung masih terbilang perawan karena belum banyak orang yang berkunjung.

Debit air yang cukup besar dan kolam penampungan airnya yang hanya setinggi lutut orang dewasa bisa digunakan untuk mandi atau berendam. Curug ini mempunyai dua aliran air terjun, Tidak heran jika orang-orang sering menyebutnya Curug Kembar. Kedua air terjun yang jatuh cukup deras tersebut dikelilingi dinding batu yang berdiri tegap dan menimpa bebatuan besar yang ada di bawahnya.

Ketinggian masing-masing aliran Curug Ciparay berbeda, yakni 55 meter dan 75 meter. Guna sampai ke lokasi bisa ditempuh sejauh 30 kilometer dari Singaparna. Medan perjalanan tidak terlalu sulit untuk ditempuh oleh kendaraan bermotor.

Dibalik keindahannya, Curug Ciparay menyimpan mitos yang sampai saat ini menjadi pegangan warga. Yakni saat berkunjung ke Curug Ciparay, sebaiknya tidak menggunakan pakaian serba merah. Menurut warga, jika mitos larangan itu dilangga, pengunjung yang memakai baju merah tersebut akan merasa sangat betah dan enggan untuk pulang.

Selain itu, ada juga yang mengatakan jika pengunjung yang memakai pakaian serba merah berfoto maka kakinya terlihat tidak menyentuh tanah alias melayang. Mitos itu pun, sudah menjadi kepercayaan secara turun temurun ditengah masyarakat.

Curug Dengdeng

Curug Dengdeng berada di Kampung Cirerese, Desa Tawang, Kecamatan Pancatengah. Bukan hanya menyimpan keindahan alam dan curugnya yang mempunyai tiga tingkatan, curug yang menjadi andalan wisata Desa Tawang itu muncul menyimpan dua mitos yang dipercaya oleh warga sekitar.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X