Bikin Pasar Gratis, Cara Komunitas di Tasik Protes Kebijakan Pemerintah

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 11:42 WIB
Pasar gratis yang didirikan komunitas rambu jalan, sebagai bentuk protes terhadap kebijakan pemerintah.
Pasar gratis yang didirikan komunitas rambu jalan, sebagai bentuk protes terhadap kebijakan pemerintah.

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Dalam mengutarakan ketidaksetujuan terhadap kebijakan pemerintah, masyarakat biasanya melakukan aksi demonstrasi dengan turun ke jalan. Namun, hal berbeda dilakukan oleh Komunitas Rambu Jalan. Komunitas ini mengutarakan aksi protesnya dengan mendirikan pasar gratis.

Pasar gratis itu berada di jalan Dr. Sukarjo Kota Tasikmalaya. Pasar yang menjual berbagai kebutuhan warga seperti makanan, pakaian, dan buku bacaan itu buka pada sore hari mulai pukul 15.00–21.00 WIB.

Ketua Komunitas Rambu Jalan Anggi Ginanjar mengatakan, barang yang dijajakan merupakan barang pemberian dari masyarakat. Sasaran dari pasar gratis ini yakni penarik becak, pedagang kaki lima, dan masyarakat yang melintas di sekitar jalan Dr. Sukardjo.

“Barang yang diberikan berbentuk makanan gratis, pakaian, dan buku bacaan. Barang ini merupakan barang gratis yang berasal dari masyarakat,” kata Anggi, Kamis, 12 Agustus 2021.

Meskipun barang ini dibagikan gratis, lanjut Anggi, ia tidak memandang pasar gratis sebagai pasar amal. Namun lebih kepada bentuk aksi nyata dalam membantu masyarakat di tengah berbagai kebijakan yang digulirkan pemerintah yang tentunya berdampak pada masyarakat dilapisan bawah. “Kami bukan membuat aksi amal, melainkan ini adalah aksi dari bentuk protes kami kepada pemerintah." Kata Anggi.

Rencananya, pasar gratis ini akan dibuka dua kali dalam satu minggu, yakni hari Rabu dan Sabtu sore. Sedangkan untuk open donasi, dilakukan setiap hari. Bagi warga yang ingin mendonasikan barang berupa makanan, pakaian dan buku bacaan bisa langsung melihat Instagram _rambujalan atau kontak person 085314197337.

“Bagi warga yang ingin mendonasikan pakaian, makanan, buku bacaaan atau apapun itu bentuknya bisa dilihat langsung di Ig rambujalan dan ada nomor hp yang bisa dihubungi disitu,”  ucap Anggi.

Pasar gratis yang didirikan komunitas rambu jalan, sebagai bentuk protes terhadap kebijakan pemerintah.

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X