Bansos bagi Warga Terdampak Pandemi Covid-19 di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya Kembali Didistribusikan TNI-Polri

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 13:05 WIB
Pelepasan pendistribusian bansosberupa beras untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19 yang disalurkan melalui Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Muspika di Bale Kota Tasikmalaya, 12 Agustus 2021. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)
Pelepasan pendistribusian bansosberupa beras untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19 yang disalurkan melalui Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Muspika di Bale Kota Tasikmalaya, 12 Agustus 2021. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

BUNGURSARI, AYOTASIK.COM --  Bansos atau bantuan sosial bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19 terus digulirkan pemerintah melalui Sekretariat Presiden RI (Setpres RI). Bansosyang diberikan kepada masyarakat yakni berupa beras. Bantuan juga datang dari Yayasan Budha Tsu Chi yang peruntukannya bagi masyarakat di wilayah Kota dan Kabupetan Tasikmalaya.

Bertempat di halaman Bale Kota Tasikmalaya, pendistribusian bansos diserahkan ke para bhabinkamtibmas, babinsa, dan unsur musyarawah pimpinan kecamatan (muspika). Pesdistribusian bansosdilepas secara langsung oleh Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin dan perwakilan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya.

Cecep Nurul Yakin mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah menyalurkan bantuan bagi masyarakat baik di Kota maupun Kabupaten Tasikmalaya. “Pertama saya sampaikan terima kasih kepada Presiden yang telah memberikan bantuan untuk masyarakat kami di Kabupaten dan Kota Tasikmalaya. Barusan sudah disaksikan pendistribusiannya yang kebetulan lokasinya berada di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota, yaitu mulai dari Tasik Utara sampai Tasik Timur,” ujar Cecep, Kamis, 12 Agustus 2021.

Menurutnya, dengan pendistribusian yang dilakukan oleh aparat TNI-Polri, dengan berkolaborasi dengan para camat, kades di daerahnya masing-masing, bansos akan segera sampai kepada masyarakat yang memang berhak mendapatkan bantuan sosial. “Prinsipnya kami percaya bahwa bansosini bisa segera sampai kepada yang berhak. Hari ini abdi negara turun langsung untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Kami juga percaya ini dilaksanakan oleh TNI dan Polri, mudah-mudahan masyarakat bisa lebih tenang dan tidak ada yang riuh-riuh gara-gara ada yang dapat bantuan dan tidak mendapatkan bantuan,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan mengatakan, bansos untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19 terus mengalir kepada masyarakat. Sejauh ini pihaknya telah menerima bantuan sebanyak 65 ton, dan sudah didistribusikan sebanyak 13 ton. Bansos bagi masyarakat terus mengalir. Yang paling penting adalah melakukan pengawasan agar pendistribusian sesuai dan tepat sasaran,” ujar Aszhari.

Ia menuturkan, sisa bantuan untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19 kembali disalurkan dengan pendistribusian dilakukan oleh para Babinsa, Bhabinkamtibmas, Muspika, lurah, dan kades. “Mudah-mudahan bansosini dapat meringankan beban masyarakat terutama untuk kebutuhan pangan sehari-hari,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, jumlah penerima bansos yang tercatat pada data terpadu kesejahteraan sosial, total penerima bantuan di Kota Tasikmalaya sebanyak 9.721 orang, dan di Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 19.584 orang. Sementara itu, penerima bantuan bukan dari data terpadu kesejahteraan sosial di Kota Tasikmalaya jumlahnya sebanyak 38.552 orang dan di Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 13.986 orang.

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X