BMKG Peringatkan Gelombang Tinggi, Warga Pesisir Pantai dan Nelayan Harus Waspada

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 20:00 WIB
BMKG meminta warga atau nelayan di pesisir pantai untuk waspada gelombang tinggi dalam sepekan kedepan. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)
BMKG meminta warga atau nelayan di pesisir pantai untuk waspada gelombang tinggi dalam sepekan kedepan. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

CIPATUJAH, AYOTASIK.COM - Warga yang berada di pesisir pantai dan nelayan sepanjang selatan pulau Jawa diminta untuk waspada gelombang tinggi dalam sepekan kedepan. 

Hal itu didasarkan pada peringatan BMKG yang dikeluarkan mulai Kamis 12 Agustus 2021 dimana, gelombang tinggi akan terjadi di berbagai perairan di Indonesia termasuk perairan selatan Jawa.

Dilansir dari https://maritim.bmkg.go.id, BMKG memprediksi akan terjadi gelombang tinggi termasuk di pasisir selatan Jawa yang diperkirakan setinggi 6-9 meter. Untuk itu, warga dan nelayan di pesisir selatan Jawa harus waspada.

Prediksi BMKG itu pun bahkan sudah terjadi di pantai Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Dimana, air laut pasang hingga menggenangi area pemukiman warga yang berjarak 30-40 meter dari bibir pantai pada Rabu malam hingga Kamis siang.

Kapolsek Cipatujah, Iptu Rochmadi mengatakan, gelombang tinggi sudah terjadi di sepanjang pantai selatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Air laut bahkan sampai ke warung-warung dan pemukiman warga yang berjarak sekitar 30-40 meter dari bibir pantai.

"Alhamdulilah tidak ada kerusakan, dan aktivitas warga juga tidak terganggu. Ketinggian gelombang itu sekitar 6 meter berdasarkan prediksi BMKG, " ucap Rochmadi, Kamis (12/8/2021).

Rochmati menambahkan, pihaknya sudah memberikan imbauan kepada warga dan nelayan untuk tidak beraktivitas sementara di pesisir pantai. Karena khawatir, gelombang tinggi akan kembali terjadi dan air pasang masuk kembali ke pemukiman warga.

"Sudah kami imbau, agar menjauh dari pesisir pantai. Jangan dulu beraktivitas sampai bkmg menyatakan gelombang aman, " ucap Rochmadi.

Saat ini, kata Rochmadi, warga tengah bergotong royong membersihkan area pemukiman dari sampah yang terbawa pasang air laut. Kondisi air laut pun sudah terbilang surut

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Ini Ancaman Hukuman bagi Pelaku Perdagangan Orang

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:48 WIB

PTM di Kota Tasikmalaya Mulai Pekan Depan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:50 WIB
X